Tips Menulis Konten Seo Friendly Secara Umum

Tips Menulis Konten Seo Friendly Secara Umum - Untuk menulis konten seo bukan berarti kamu nghiraukan konten untuk pembaca yang sesungguhnya. Karen robot dan user memiliki experienxce berbeda tetapi dalam hal ini dengan beriringnya waktu mereka mulai memiliki experiece yang mendekati sama.



Jadi jangan lupakan bahwa menulis untuk menyampaikan pesan kepada audience. Oke langsun pada tipsnya:

Fokus pada pembaca / Target Market Kamu

Yang paling utama dalam membuat konten justru adalah fokus merangkum kalimat dan kata untuk menyampaikan pesan atau promosi Anda kepada audience Anda.

Memikirkan bagaimana mesin pencari (bahasa kopas banget tapi bukan kopas lho) harus di prioritaskan di bawahnya atau setelahnya.

Misalnya saja, ketika Anda menulis konten mengenai mainan, ada gaya bahasa yang berbeda untuk target market dewasa dan anak-anak. Semua itu tidak bisa di samaratakan.

Buatlah Paragraf Dengan Kerangka Yang Jelas

Setiap Paragraf seharusnya membahas setiap bab-bab atau baian-bagian kecil dari keseluruhan.

Dan akan lebih baik jika kita hanya membahas satu dan fokus dalam setiap paragrafnya. Karena maksud dan tujuan dari tilsan akan lebih mengenai pada pembaca.

Juga hindari membuat paragraf yang terlalu panjang, menurut penelitian, paragraf yan terlalu panjan sangat melelhkan menimbulkan pesan yang disampaikan tidak mengena pada pembaca.


Kalimat Yang Ringkas Dan Padat

Salah satu praktisi SEO Dunia yaitu Marieke van de Rakt menulis dalam situs Yoast, SHORT SENTENCE adalah hal yang baik untuk dilakukan penulis. Sama halnya dengan paragraf, kalimat yan ringkas dan berisi juga akan leih mengena kepada pembaca.

Gunakan Bahasa Yang Mudah Di Cerna

Jangan gunakan bahsa terlalu gaul jika target market Anda bukan anak gaul, janga lakukan itu sekali-kali.

Target market dan gaya bahasa merupakan satu kesatuan dalam konten marketing, karena apa yan dibicarakan bisa sampai kepada pembaca jika bahasa yang digunakan sesuai.

Tentunya bahasa disini akan variatif dengan gaya penulis masing-masing, ya hal itu tidak bisa dipaksakan karena meman  manusia memiliki keunikan tersendiri termasuk dalam menggunakan gaya penulisan bahasa.

Gunakan Variasi Kata

Variasa kata / ragam kata disini bertujuan jikalau si target market tidak memahami kata yang satu maka dapat ditolong dengan kata yang satunya tentunya denan arti yang sama.

Untuk bahasan cara menulis kontennya sudah cukup sampai disini, tetapi secara teknisnya di blog ada baiknya kita mengguakan internal link.

Dengan adanya internal link pembaca akan lebih jauh menjalajahi blog atau website kita. Dengan experience yang lebih banyak nantinya akan menimbulkan kesan. Kesan inilah yang juga penting dibangun dimana kesan dapat tercipta dari gaya bahasa penulisan serta topik bahasan.
Konten sepeti diatas sebenarnya tidak sulit, tetapi disini juga saya tidak mau bilang itu mudah dilakukan. Jika kita tidak sungguh-sungguh ingin membuatnya maka akan terasa berat, sulit bahkan 2 paragraf saja sangat sulit diketik.
TIPS:
Kesulitan menulis sambil berfikir? coba gunakan cara yang efektif ini. Mau tahu? ketikan email kamu dikolom komentar. Tenang, email kamu tidak akan disebarluaskan

Kesimpulan

Akhirkata, mix semua tips diatas menjadi satu kesatuan yang menarik untuk dibaca oleh user dan target market Anda, gunakan keywirds seperlunya di lokasi lokasi strategis untuk bot/spider. maka itulah tips menulis konten seo friendly secara umum dengan teratur dan tertarget, semoga tips ini membantu blog atau website para penggiat seo pemula yang selalu haus akan ilmu.
Share on Google Plus

About Lutfi yU

Saya bercita cita menjadi Pakar seo tangerang yang sukses di Indonesia. Terimakasih kepada Guru besar, Master, Mentor dan teman diskusi Sebagai orang yang sangat memacu baik secara skill maupun pandangan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 comments:

  1. makasih bang tipsnya, ane junior ente di kampus n skrang di tmpat om latif

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama bang sendy, semoga ada manfaatnya berbagi ilmu setaunya, kalo ada yang masih kurang2 mohon juga dibantu koreksinya. gak ada senior2 junior2an sama2 belajar, alhamdulillah klo sudah sama pak latief inshaallah berkah ilmunya.

      Hapus

Yuk diskusi disini mengenai posting diatas.