5 Setting Onpage SEO Opencart Toko Online

5 Setting Onpage SEO Untuk Opencart Toko Online. Setting ini sangat perlu dilakukan mengingat hal ini adalah tindakan dasar kita meraih peringkat terbaik di mesin pencarian google, dengan cara mengikuti petunjuk petunjuk google dan diterapkan pada website, blog atau toko online kita.

5 Setting Onpage SEO Opencart Toko Online


Selain 5 lsit kewajiban onpage seo diatas pada gambar, khusus untuk cms opencart akan kita bahas disini. Yang akan kita mulai dari :

Setting Canonical URL

Jika anda menggunakan CMS OPENCART sebagai engine daripada toko online anda, sebaiknya anda perlu mensetting canonical url. triknya sudah dijelaskan di wikipedia ini canonical link element.  Fungsinya adalah untuk menghindari duplicat content, dan parahnya jika ini terjadi bukan hanya konten yang dikatakan duplikat, tetapi juga meta tag title, description serta keywords akan di indikasi duplikat. Mari kita simak gambar berikut.



Gambar bisa diperbesar untuk memperjelasnya, ya, jadi itu ada satu url yang menuju satu page yaitu  page "digital multimeter". Bisa kita lihat susunan url adalah domainkamu.com/electrical/digital-multimeter. jadi yang kita tuju adalah url /digital-multimeter. Nah disini letak kerancuan.

Ketika kita akses akan ada dua url yang memiliki konten yang sama yaitu :


  • domainkamucom/electrical/digital-multimeter
  • domainkamucom/digital-multimeter

Pada settingan default opencart kedua url ini akan aktif, hal ini mengindikasikan adanya kesamaan konten dalam url yang berbeda. Hal ini akan kalian lihat pada laporan penyempurnaan HTML pada webmaster tools kalian.

Canonical url dapat mengatasinya paling tidak, canonical sebagai tag yang memberitahukan robot/ spider bahwa kedua url tersebut memiliki url utama yang sebenarnya. Dan tag tersebut akan merekomendasikannya kepada google spider / robots.

Setting Robots.Txt Opencart

Yang ini agak sedikit runyam, setting bawaan dari opencart ternyata kurang powerfull untuk meningkatkan optimasi image di pencarian, Disini saya akan memberikan sedikit contoh, bahkan ini sering saya gunakan untuk menghidari duplikat konten dan mengoptimasi pencarian di google. Hal ini penting dalam 5 setting Onpage SEO Untuk Opencart Toko Online.

User-agent: *
Allow: /
Allow: /image/cache/data/*
Disallow: /adminfirst/
Disallow: /download/
Disallow: /email-js/
Disallow: /images/
Disallow: /list/
Disallow: /system/
Disallow: /vqmod
Disallow: /*?route=account/
Disallow: /*?route=affiliate/
Disallow: /*?route=account/return/insert
Disallow: /*?route=checkout/
Disallow: /*?page*
Disallow: /*?limit*
Disallow: /*?sort*
Disallow: /*?filter_tag*
Sitemap: ha te te pe //we we we dot domainkamu dot com/sitemap.xml

Saya biasa menggunakan settingan robots.txt opencart diatas yang sudah saya racik dari experince saya menggunakan opencart versi 1 .x.x.x untuk versi 2.0.x.x saya belum oprek lagi.

Seperti yang anda ketahui bahwa perintah Disallow berarti kita melarang google / memblokir google agar tidak mengcrawler url dengan parameter tersebut, selain karena sudah saya buat menjadi url seo frienly opencart juga jika kita tidak memblokirnya akan menjadi url plagiat konten, Bahaya kan jika itu terjadi, hal spele yang merugikan sekali menurut saya.

Category Count

Sering kali orang yang baru menggunakan sebuah cms tidak memperhatikan coding pengquery'an suatu cms tersebut. Pada cms ini sangat baik jika kita meniadakan fitur ini. Query yang di request pada prosessor sangat tinggi untuk aktivitas category count ini sehingga dapat membuat website kita berjalan lamban, parahnya lagi down. Disebabkan karena hosting kita pas-pasan untuk menjalankan query supper jika kalian memiliki banyak kategori ini bisa disebut bencana alam setara banjir bandang hahaha.

Cara menonaktifkannya sangat mudah, kalian bisa masuk ke dashboard => setting => lalu cari tab option => kemudian klik radio button off pada text category count.

Ini akan sangat membantu mempercepat loading opencart, walau bukan hanya trik ini yang diwajibkan diterapkan pada opencart, Ada beberapa trik lainnya seperti misalnya membuat cache agar web berjalan lebih cepat.

Plugin Meta Tag Title dan Description

Ini jelas wajib digunakan, biasanya kalian bisa download untuk versi 1.x.x.x karena di versi terbaru plugin ini sudah default tersedia di cms. Sehingga hal yang satu ini diwajiban bagi anda yang menggunakan versi terdahulunya saja yah. Gunakan vqmod untuk memudahkan prosses installasinya.

Default fitur dari opencart akan mensetting bahwa judul page akan menjadi tag title, hal i ni kurang seo menurut saya. Karena jika kita melawan wordpress yang kita kenal tingkat ke seo an nya sangat tinggi bisa - bisa kita kalah tanpa perlawanan. Karena meta tag title dan description ini adalah kunci gerbang pertama robot.

Jangan lupa taruh tag ini pada 100 kb pertama, bagaiman kita tahu 100 kb pertama, mudah, taruh saja di tempat paling atas dekat <head> pas dibwah situ. Itu akan menjadikan web toko online kalian sangat seo friendly.

Setting juga title menjadi H1 bawaan pada template produk kalian, agar memudahkan kalian mengoptimasi seo toko online kalian.

Pisahkan Page Brand Dengan Kategori

Nah ini dia hal yang cukup menyebalkan, di Opencart kan ada page namanya manufactur atau yang kita kenal juga sebagai brand, jika kalian berniat menggunakan page ini sebaiknya kalian mengisi url nya dengan akhiran -brand atau apapun yang mengindikasikan bahwa itu adalah page brand / manufactur.

Jika kalian mengoptimasi di kategory brand dengan page manufactur dengan isian seo url yang sama, ini akan membuat kerancuan. Google spider akan bingung ada dua page berbeda dengan url yang sama. Kira kira dia akan bingung tidak, pasti lah. kalo saya sih pasti jadi bingung.

Itulah 5 Setting Onpage SEO Opencart Toko Online yang kiranya penting untuk diperhatikan. Berbeda jika. Saya harap teman teman mau memberikan komentar masukan, dan memberikan sharing baik di google plus atau social media lainnya. Terimakasih sudah membaca artikel saya, jika ada tambahan laiinya akan segera saya update di blog lutfi yusmin pakar seo tangerang.
Share on Google Plus

About lutfi yusmin hafidz

Saya bercita cita menjadi Pakar seo tangerang yang sukses di Indonesia. Terimakasih kepada Guru besar, Master, Mentor dan teman diskusi Sebagai orang yang sangat memacu baik secara skill maupun pandangan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 comments:

  1. untuk onpage SEO, bagian paling utama yang harus dioptimasi yaitu
    Domain, Title, deskripsi, dan kualitas deskripsi kontent
    usahakan keyword yang dituju berada dalam kategori yang saya sebutkan,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali itu masuk juga dalam proses riset

      Hapus
  2. lagi belajar seo opencart nih gan
    makasih banyak tutornya lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Opencart cukup powerfull gan, speed loadnya juga ok selama kita pinter mainin size image dan cache. kalo SEO lebih ke membangun kontennya yang mana konten tersebut membentuk autoritas kata kunci di website.

      Hapus

Yuk diskusi disini mengenai posting diatas.