Cara Membuat Toko Online Dengan Opencart | Lutfi Seo

Hari ini saya mau berbagi info tentang bagaimana cara membuat toko online dengan opencart, yang pertama adalah cara install opencart di localhost anda. Nah sekarang langsung aja nih kita simak tutorial install opencart localhost xampp yuk reader Di simak berbagai tahapannya ya sebelum nantinya akan lanjut belajar Bagaimana Cara Membangun Link Building Yang Simple.

cara install opencart

Tahapan pertama, pastikan anda sudah install webserver lokal seperti Xampp, WAMPP, Apache dan lainnya, yang saya gunakan disini Xampp ya.

Tahap kedua, download Opencart di http://opencart.com, kalau sudah, nah sekarang tinggal di extract Folder Opencart yang tadi sudah anda download. Agar menjadi folder biasa dan hanya copy folder upload ke xampp\htdocs\ kemudian rename folder upload tadi sesuai dengan kemauan anda, contoh : (C:\xampp\htdocs\tokoonline).

Kalau sudah lanjut ke tahapan ketiga, Ganti nama file config-dist.php agar menjadi config.php di folder upload yang tadi lalu ganti juga nama file config-dist.php agar menjadi config.php pada folder opencart/admin

Tahapan keempat, buka xampp lalu buat database baru pada phpmyadmin.
Nah, ketik di browser alamat http://localhost/phpmyadmin sehingga akan muncul tampilan ini.

Klik Database, lalu masukkan nama database anda tadi ( nama database sesuai dengan nama folder upload yang sudah anda rename tadi ), Untuk Collation pilih yang utf8_general_ci kemudian klik Create untuk melanjutkan Cara Membuat Toko Online Dengan Opencart.

Tahap ke lima. yaitu masuk ke browser anda dan yang paling penting adalah pastikan xampp anda dalam posisi hidup atau running ya . Tahap selanjutnya ketik http://localhost/tokoonline/ pada web browser anda. Yang tadi saya ganti namanya jadi tokoonline, anda bisa menyesuaikan sesuai nama folder opencart anda sesuai dengan kemauan anda.

Nah, nanti akan tampil halaman seperti ini pada saat anda masuk ke localhost/tokoonline

Cara Membuat Toko Online Dengan Opencart

Kalau udah benar akan muncul tampilan halaman STEP 1 – LICENSE seperti gambar diatas, lanjutkan dengan Klik “I agree to the license” lalu klik Continue, maka akan tampil halaman STEP 2 – PRE INSTALATION seperti dibawah ini, dan pastikan semua status benar (tampak hijau) lalu klik continue.

Langkah isian form database

  • Database Host : Masukan Localhost
  • User : Masukan root
  • Password : Kosongkan
  • Database Name : Masukan nama database yang telah anda buat tadi, folder yang saya buat tadi namanya tokoonline. Nah sesuaikan dengan nama database yang sudah anda buat ya.
  • Database Prefix : Masukan oc_

Untuk Login ke Administrator

  • Username : Isi username sesuai keinginan anda
  • password  : Ketik Password sesuai keinginan anda
  • E-mail       : Masukan email untuk mengirimkan passowrd jika password lupa
klik Continue jika semua step yang anda lakukan sudah benar, maka akan muncul halaman step ke 4, seperti gambar dibawah ini :

Cara Membuat Toko Online 



Tahapan akhir, setelah proses instalasinya selesai, jangan lupa hapus folder instal pada folder upload yang tadi namanya sudah anda rename.
 
Untuk melihat web localhost anda, anda tinggal ketik localhost/tokoonline dan untuk masuk ke halaman admin anda tinggal ketik localhost/tokoonline/admin. Dan SELESAI !

Cukup mudah kan Cara Membuat Toko Online Dengan Opencart? Silahkan mencoba, semoga tutorial install opencart di localhost ini dapat membantu anda. Jangan lupa di bookmark homenya di Pakar SEO Tangerang Kota Lutfi Yusmin.

Selamat mencoba !!

By : Metha .O
Editor : Lutfi SEO
 

Share on Google Plus

About Lutfi yU

Saya bercita cita menjadi Pakar seo tangerang yang sukses di Indonesia. Terimakasih kepada Guru besar, Master, Mentor dan teman diskusi Sebagai orang yang sangat memacu baik secara skill maupun pandangan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar

Yuk diskusi disini mengenai posting diatas.