Pengertian Istilah Dalam Google Analytics

Google Analytics yaitu salah satu tools paling baik untuk mengukur traffic situs kita. Tetapi saat sebelum memakainya, kita butuh mengetahui dengan istilah-istilah umum yang ada di dalamnya. Walaupun Google telah sediakan dokumentasi yang baik, kenyataannya banyak yang masih tetap bingung dengan istilah-istilah pada Google Analytics.

Apa bedanya sessions dengan users? Kenapa pageviews serta sessions mencatat nilai yang tidak sama? Pertanyaan-pertanyaan itu umumnya terlintas di pemakai Google Analytics yang baru. Apabila Anda masih tetap bingung dengan arti umum pada Google Analytics, lanjutkan lah membaca artikel ini lantaran kami bakal membahasnya satu persatu. Oiya kami bersumsi Anda sudah memakainya, bila belum silakan cari info langkah memberikan Google Analytics ke situs. Tak seluruhnya arti bakal kami ulas, cuma arti yang kadang-kadang susah dipahami atau dibedakan keduanya.

Sessions

Apa yang disebut dengan sessions pada Google Analytics? Sessions bisa disebutkan juga sebagai kunjungan (visit). Seorang yang berhubungan dengan situs kita bakal dihitung juga sebagai sessions. Umpamanya ada seseorang pengunjung situs bernama Budi, ia buka halaman homepage serta kontak situs kita. Jadi Google Analytics bakal merekam kesibukan Budi itu juga sebagai suatu sesi.

Ilustrasi 1 Sesi pada Google Analytics
Ilustrasi 1 Sesi pada Google Analytics


Sessions bakal kadaluarsa bila kurun waktu 30 menit tak ada kesibukan apa pun dari Budi di situs kita. Jadi bila Budi baru buka halaman home serta mendadak ia mesti sholat magrib lantas baru kembali satu jam lalu serta buka halaman kontak, jadi bakal terhitung juga sebagai 2 sessions. Silakan baca dokumentasi bagaimanakah Google Analytics mengkalkulasi Sessions? apabila tertarik memahaminya. Sessions memanglah arti umum pada Google Analytics yang pertama kalinya butuh dipahami.

Users

Users yaitu mereka yang pernah berkunjung ke situs kita sekurang-kurangnya 1 kali. Dalam umumnya masalah dapat dikira juga sebagai Sessions yang unik. Umpamanya dalam sehari terdaftar 5 buah kunjungan situs semasing oleh Budi pada pukul 7 pagi, Steven jam 8 pagi, Toni jam 10, Budi lagi jam 1 siang, serta George jam 2 siang. Google Analytics bakal mengkalkulasi sejumlah 4 users, lantaran Budi yang bertandang 2 kali dihitung juga sebagai 1 user.





Pageviews serta Unique Pageviews

Tiap-tiap halaman situs yang terbuka bakal dihitung juga sebagai pageviews. Halaman yang sama tetapi di buka berkali-kali kali akan terhitung juga sebagai pageview. Umpamanya Budi buka halaman Home, Kontak, Perihal, kembali pada Home, Product, serta kembali pada ke Kontak. Hubungan Budi dengan situs kita itu bakal membuahkan 6 pageviews. 



Tidak sama dengan Pageviews, Unique Pageviews cuma mengkalkulasi halaman situs yang unik. Pada misal yang sama juga dengan pada awal mulanya, Google Analytics bakal mengkalkulasi 4 unique pageviews. Kenapa? Lantaran halaman Home serta Kontak yang di buka Budi sejumlah semasing 2 kali cuma dihitung semasing 1 saja. Cermati gambar dibawah. 



Bounce Rate

Bounce rate atau rasio pentalan yaitu persentase kunjungan yang cuma buka 1 halaman situs saja. Bounce rate yaitu salah satu arti Google Analytics yang susah untuk segera dipahami. Datanya bakal di sajikan berbentuk %. Umpamanya ada lima pengunjung dengan kesibukan seperti berikut : 

  • Budi berkunjung ke halaman Home, Kontak, serta Product
  • Steven berkunjung ke halaman Home saja.
  • Toni berkunjung ke halaman Kontak saja.
  • George berkunjung ke halaman Product serta Kontak.

Dari 4 kunjungan itu, pengunjung yang dikira “mental” oleh Google Analytics yaitu Steven serta Toni. Argumennya lantaran mereka cuma buka 1 halaman situs saja. 



Bounce rate dihitung dengan rumus Jumlah Kunjungan yang cuma buka 1 Halaman di untuk keseluruhan Kunjungan yang ada dikali dengan 100%. Dalam misal diatas, nilai bounce ratenya yaitu 50% lantaran 2 dari 4 kunjungan cuma buka 1 halaman situs saja. 

Bagaimanakah? arti umum pada Google Analytics itu sebenarnya gampang dipahami kan? Apabila mau berdiskusi silakan catat pertanyaan di bagian komentar. Jangan lupa share jika tulisan ini bermanfaat ya, 1 lagi credit point untuk idkeyword.
Share on Google Plus

About lutfi yusmin hafidz

Saya bercita cita menjadi Pakar seo tangerang yang sukses di Indonesia. Terimakasih kepada Guru besar, Master, Mentor dan teman diskusi Sebagai orang yang sangat memacu baik secara skill maupun pandangan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar

Yuk diskusi disini mengenai posting diatas.